Back To Top

Google+ Followers

Tuesday, 26 January 2016

Kuota Penerima dan Anggaran BIDIKMISI 2016 Naik

Blog Panduan Pembuatan Skripsi
Jumlah penerima  beasiswa  Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berperstasi (Bidik Misi) pada 2016. Jumlahnya akan menjadi 75 ribu mahasiswa. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengungkapkan tahun sebelumnya yang angkanya mencapai 60 ribu penerima.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menerangkan, peningkatan jumlah penerima ini berdasarkan usulan Kemenristekdikti kepada Presiden Joko Widodo. Penambahan jumlah penerima ini akan lebih diprioritaskan kepada mahasiswa yang berada di wilayah Indonesia Timur. Oleh sebab itu, pemerintah pun berusaha menyediakan alokasi dana kembali untuk beasiswa Bidik Misi.

Selain itu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir juga mengusulkan penambahan besaran beasiswa Bidik Misi yang sebelumnya Rp600.000 per bulan menjadi Rp1.000.000 per bulan.
Kuota Penerima BIDIKMISI 2016 Naik

"Kami mengusulkan agar besaran beasiswa ditambah menjadi Rp1.000.000 per bulan, mengingat sekarang biaya sewa kos juga naik," ujar Nasir dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Penerima Bidikmisi  akan dibebaskan biaya kuliah.  Selain itu, mereka juga akan mendapatkan biaya tunjangan hidup sebanyak Rp 600 ribu per mahasiswa. Meski begitu, pihaknya berencana untuk menaikkan biaya tersebut menjadi satu juta rupiah.

Nasir menambahkan, penerima beasiswa untuk mahasiswa di wilayah Indonesia Timur memang cukup banyak jumlahnya selama ini. Dengan kata lain, jumlahnya relatif lebih banyak dibandingkan wilayah lain seperti Jawa. Meski sudah banyak, Nasir menegaskan, pihaknya akan tetap menambahkan kuota penerima dari wilayah tersebut.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa Bidik Misi, para calon harus terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran terlebih dahulu. Prosedur beaisswa ini bisa diakses melalui  melalui website.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×