Back To Top

Google+ Followers

Saturday, 9 January 2016

Beasiswa Literaksi Kampung Sarjana

Blog Panduan Pembuatan Skripsi Untuk mewujudkan visi 1 Kampung 10 Sarjana Taqwa, Kampung Sarjana membuka program Beasiswa LiterAksi. Beasiswa ini diharapkan mampu membina mahasiswa menjadi sarjana yang kontributif, serta mampu membangun jaringan sarjana yang peduli pada pembangunan di desa. Selain itu beasiswa ini juga bertujuan untuk membentuk kepedulian sosial dan mendorong mahasiswa menjadi pembelajar jangka panjang (long-life learner).

Apa itu Beasiswa LiterAksi?


Beasiswa LiterAksi merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi lima orang mahasiswa/i di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki minat baca yang tinggi, serta bersedia mengasah kemampuan dan kedisiplinan mereka melalui penulisan resensi dari berbagai buku yang telah dibaca. Beasiswa ini juga ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki kepedulian serta semangat berkontribusi untuk membangun kampung halamannya, terutama melalui bidang pendidikan.

Apa yang saya dapat dari Beasiswa LiterAksi?


Bentuk beasiswa yang kami berikan berupa dana untuk belanja buku, pembinaan softskill dan hardskill, serta bantuan dana untuk aksi sosial di daerah kelahirannya masing-masing. Bantuan dana tersebut dengan jumlah serta cara penyerahannya telah kami tetapkan tersendiri. Dana untuk kegiatan aksi sosial akan diserahkan menjelang akhir program Beasiswa LiterAksi ini.

Apa saja sih kegiatan penerima Beasiswa LiterAksi?


Dalam program beasiswa ini, masing-masing beswan diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah kami persiapkan melalui kegiatan BADAI! (Baca Diskusi Aksi). Berikut keterangannya:
  • Baca
    Sebagian dari dana beasiswa akan kami serahkan kepada masing-masing beswan untuk keperluan belanja buku, dan beswan diwajibkan untuk membaca serta membuat resensi dari berbagai buku yang telah dibelinya tersebut. Dengan program ini, para beswan diharapkan mampu meningkatkan minat baca serta kemampuan dan kedisiplinan mereka dalam membuat tulisan.
     
  • Diskusi
    Masing-masing beswan dapat mengembangkan potensi diri mereka melalui berbagai kegiatan diskusi, pembinaan, pelatihan dengan para pemateri dari kami yang telah profesional dalam bidangnya masing-masing. Diskusi, pelatihan, dan pembinaan ini juga bertujuan untuk membimbing mereka dalam menyiapkan aksi sosial sebagai salah satu rangkaian kegiatan wajib dalam program beasiswa ini.
     
  • Aksi
    Melalui kegiatan Aksi, para beswan nantinya akan diikutsertakan sebagai relawan dalam berbagai kegiatan Kampung Sarjana, termasuk kunjungan ke desa Cibuyutan yang merupakan desa binaan yayasan kami. Di penghujung program beasiswa ini, masing-masing beswan diharapkan mampu membuat final project berupa aksi sosial sederhana untuk membantu pembangunan wilayah tempat tinggal mereka, terutama dalam bidang pendidikan, dengan menggunakan sebagian bantuan dana beasiswa yang kami serahkan.

Kriteria:

  1. Beragama Islam
  2. Mahasiswa aktif dari PTN/PTS  maks. semester 6
  3. Berdomisili di wilayah JADETABEK
  4. Memiliki minat membaca dan menulis yang tinggi
  5. Bersedia menjadi Sarjana Taqwa yang kontributif bagi desa
  6. IPK min. 2.75 (PTN) dan 3.00 (PTS)
  7. Pernah/sedang mengikuti organisasi dalam/luar kampus

Persyaratan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di sini
  2. Melampirkan hasil scan/fotokopi KTM dan transkrip nilai terakhir
  3. Melampirkan CV lengkap serta fotokopi Kartu Keluarga
  4. Formulir beserta berkas yang telah disebutkan, dapat dikirim ke alamat Email: kampungsarjana@gmail.com dengan subject LITERAKSI_NAMA_UNIVERSITAS
    (contoh: LITERAKSI_CHAIRA APRILIANTI_IPB)
  5. Seluruh kelengkapan formulir dan berkas kami terima paling lambat 25 Januari 2016.
sumber kampungsarjana.com


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×