Back To Top

Google+ Followers

Friday, 26 September 2014

Tips cara cepat menyelesaikan skripsi

Blog Panduan Pembuatan Skripsi Cara CEPAT MENYELESAIKAN SKRIPSI

Kebanyakan mahasiswa yang terlambat menyelesaikan kuliah bukan karena terhambat dalam menyelesaikan mata kuliah tapi karena terlambat menyelesaikan skripsi.

Skripsi menjadi momok bagi sebagian mahasiswa, dimulai kesulitan mencari tema diikuti judul, teori dan terutama olah data bagi penelitian kuantitatif. Sebenarnya penelitian kuantitatif memiliki kelebihan berupa kesederhanaan kalau tidak bisa dikatakan mudah, penelitian jenis ini memiliki data yang bisa langsung dianalisa karena berupa skala atau angka-angka yang dapat langsung diartikan.

Olah data pada penelitian kuantitatif saat ini sudah banyak dibantu software yang tersedia dipasaran. Software ini akan mempermudah peneliti dalam perhitungan matematika statistik yang sering memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Khusus pada penelitian kuantitatif yang harus pertama-tama diperhatikan sebelum menentukan tema dan judul adalah kemungkinan mendapatkan data penelitian. Hal ini penting karena sering terjadi seorang peneliti terhenti ataupun terhambat dalam menyusun karya ilmiah disebabkan kekurangan data primer. Cara tersebut terdengar aneh, sebab penelitian (sebaiknya) dimulai dari adanya masalah untuk dicarikan penyelesaiannya, tapi langkah ini cenderung akan memakan waktu dan biaya lebih besar.

Langkah selanjutnya adalah menentukan tema dan judul serta olah data ataupun perlakuan data agar dapat menjawab rumusan masalah. Jika tahapan ini sudah dilalui tinggal menyusun poin-point data yang akan dicari dan disusun secara sistematis, maka penelitian sudah dapat dikatakan 50% selesai (penulis). Langkah terakhir adalah mengumpulkan data, langkah ini menjadikan penelitian selesai 75%, olah data, analisis dan ditutup dengan mengambil kesimpulan, maka penelitian sudah selesai 100%.

Semoga tips diatas dapat menambah wawasan para calon peneliti. Setidaknya pembaca sudah memulai dengan belajar statistik 50%, 75% dan 100%, he.....

SELAMAT MENCOBA dan SUKSES SELALU.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×