Back To Top

Google+ Followers

Saturday, 30 November 2013

Koefisien Kontingensi ” C”

Blog Panduan Pembuatan Skripsi Koefisien Kontingensi ” C”

Sebuah penelitian berjudul ” Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD 01 Samarinda.

Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.

Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.

Rumus: 
clip_image002[14], clip_image004[8]=clip_image006[8] , clip_image008[8]




Prestasi Belajar
Motivasi belajar
Jumlah
Tinggi
Sedang
Rendah
Baik
18

12

10

40    clip_image010[20]
Cukup
34

43

33

110  clip_image010[21]
Kurang

10

10

30

50    clip_image010[22]
Jumlah
62clip_image013[20]
clip_image015[8]
65clip_image013[21]
73clip_image013[22]
200 =N

Cara kerjanya penghitungan korelasi Phi, dari data tersebut di atas diperoleh nilai x²=18.7194.
Maka nilai clip_image002[15]= clip_image018[8]=clip_image020[8]=0.293


Cara memberikan interpretasi nilai C terlebih dahulu harus diubah  menjadi Phi, yaitu: clip_image022[8]=clip_image024[8], dari hasil tersebut


selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel r, dengan df=200-2 (198), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai r tabel 0.138, dan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai 0.181. Berarti nilai phi lebih kecil dari pada nilai r tabel (0.036<0.138), jadi Hipotesa Nol  diterima, artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×