Back To Top

Google+ Followers

Monday, 28 October 2013

CONTOH UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN PROGRAM SPSS

Blog Panduan Pembuatan Skripsi
Pada artikel sebelumnya, sudah diposting tentang, pengertian dan Contoh uji validitas dan realibilitas dengan menghitung secara manual. Untuk mengikuti tutorial kali ini Sebaiknya Anda buka dulu untuk melihat data yang ada, agar mudah mengikuti tutorial cara uji validitas dan realibilitas menggunakan software SPSS 12 berikut ini.


1. Masukkan data ke dalam program SPSS Data Editor, Klik menu Analyze dan Scale dan seterusnya pilih Reliability Analysis.
















2. Setelah memilih Reliability Analisis akan muncul menu Alpha dan Item, sorot dan pindahkan variable-variabel kedalam kotak Item, kemudian klik Statistic. 

bagaiamana cara atau tutorial menggunakan software spss


3. Setelah klik menu Statistik, akan muncul menu Reliability Analysis Statistik, beri tanda chek (V) pada menu Item, Scale, Scale if Item Deleted, dan Correlations. Klik Continue. Setelah itu klik Oke pada menu Releability Analysis, dan hasilnya muncul pada Otput.

uji reabilitas dan validitas dengan spss





4. Output.

cara uji validitas dan reabilitas memakai SPSS 12

5. Untuk melihat validitas konstruk pada instrumen penelitian, dapat dilihat pada colom Corrected Item-Total Correlation, dengan membandingkan pada nilai r tabel. Berdasar contoh tersebut, df adalah N-2 (8), untuk taraf signifikansi 5 % sebesar 0.632. berarti pertanyaan no.10 tidak valid.

uji validitas dengan spss 13


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×